27 Merk Ikan Sarden Kaleng Positif Mengandung Cacing
Kuliner

27 Merk Ikan Sarden Kaleng Positif Mengandung Cacing

Spread the love

27 Merk Ikan Sarden Kaleng Positif Mengandung Cacing

Infojamannow.com – Badan Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) RI temukan 27 merk ikan makarel atau sarden kalengan positif memiliki kandungan parasit cacing atau cacing type Anisakis Sp.

27 Merk Ikan Sarden Kaleng Positif Mengandung Cacing

Product ikan makerel kalengan memiliki kandungan cacing itu pertama kalinya diketemukan di lokasi Riau. Lalu diperkembang semua BPOM di semua Indonesia.

Kepala BPOM RI, Penny K Lukito mengemukakan pada temuan pertama cuma ada tiga merk ikan sarden yang memiliki kandungan cacing. Tetapi sesudah kontrol diperkembang, temuan jadi bertambah jadi 27 merk.

” Dari 66 merk ikan makarel dalam kaleng yang terbagi dalam 541 sampel ikan, ada 27 merk yang positif memiliki kandungan parasit cacing, ” tuturnya dalam konferensi pers di Kantor BPOM RI, Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (28/3).

Dari 27 merk itu, 16 salah satunya product import serta 11 merk adalah product dalam negeri. Sebagian merk salah satunya product yang sering diketemukan di market seperti ABC, King Fisher, Gaga, Pronas, serta sebagian merk yang lain.

Penny menyebutkan pihaknya menelusuri serta berkomunikasi dengan Kementerian Kelautan serta Perikanan (KKP) berkaitan temuan ini. Koordinasi dengan KKP dikerjakan untuk ketahui asal mula product serta bahan baku.

Ikan makarel cuma diketemukan di perairan luar Indonesia. Serta dengan natural dinilai sudah memanglah memiliki kandungan parasit cacing.

” Tapi pastinya jadi pekerjaan kami Tubuh POM untuk menanggung product yang di produksi disini, diedarkan, serta dikonsumsi oleh orang-orang penuhi beberapa standard yang ada dihubungkan dengan hygienic (higienitas), keamanan, kualitasnya serta faedahnya, ” tutur Penny.

Aksi dari BPOM itu setelah itu menarik product sarden kalengan dari market. Dalam hal semacam ini BPOM RI sudah memohon pada BBPOM semua Indonesia menarik barang itu.

Diluar itu juga pihaknya juga akan menyetop masuknya 16 merk sarden kaleng import ke Indonesia.

” Untuk product dalam negeri juga kita setop karna bahan bakunya datang dari tempat yang kita tanda-tandakan memiliki kandungan cacing itu. Jadi kita setop semua serta selalu meningkatkan, ” katanya.

Merek-merek yang diketemukan tidak memiliki kandungan cacing akan di teliti. Bila diketemukan memiliki kandungan cacing jadi produksinya juga akan dihentikan.

” Jadi ini selalu berkembang. Barusan ada 66 merk serta telah 27 merk firm memiliki kandungan cacing serta telah kita banned tidak dapat sekali lagi import serta produksi didalam negeri, ” tuturnya.

BPOM juga memohon pada KKP supaya memberitahukan temuan ini ke pihak penyuplai bahan baku ikan makarel diluar negeri supaya hentikan impornya.

Berikan Komentar Anda