Dubes Indonesia Usulkan Pembuatan Paspor TKI Digratiskan
News

Dubes Indonesia Usulkan Pembuatan Paspor TKI Digratiskan

Spread the love

Dubes Indonesia Usulkan Pembuatan Paspor TKI Digratiskan

Infojamannow.com – Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana menyarankan cost pembuatan paspor untuk TKI digratiskan. Saran ini siap di sampaikan pada Presiden Joko Widodo lewat Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Dubes Indonesia Usulkan Pembuatan Paspor TKI Digratiskan

Rusdi menerangkan argumennya menginginkan menggratiskan cost pembuatan paspor untuk TKI. Menurutnya, sampai kini TKI telah memberi sumbangan ke negara dengan kata lain remitansi yang cukup tinggi. Karenanya, tak ada kelirunya apabila memberi kemudahan untuk TKI yang menginginkan buat paspor serta bekerja diluar negeri.

” Dia TKI kan memberi pendapatan buat negara, remitansi itu kan besar, setahu saya TKI sumbang Rp3, 6 triliun buat negara, jadi lumrah saja paspor untuk TKI dibebaskan dari cost, ” kata Rusdi di Miri, Malaysia, Jumat (16/3/2018) .

” Kami sekali lagi buat surat kajiannya serta laporannya ke Presiden, kita juga akan ada pertemuan dengan Menaker serta Menaker juga akan berikan ke koleganya yakni Menkumham serta Menlu, ” paparnya.

Baca Juga : Tangkap Dua Kurir Sabu Di Ancol, BNN Sita 50 Kg Sabu

Dia merincikan, pembebasan cost paspor dapat juga kurangi jumlah TKI ilegal. Pada intinya, lanjutnya, satu diantara penyebab TKI ilegal yaitu rumitnya prosedur serta banyak cost yang perlu di keluarkan.

” Yang ilegal itu kan karna cost rantai prosedur yang banyak, bila ini dikurangi juga akan ada margin, ” tuturnya.

Rusdi juga menyebutkan, pemerintah Malaysia telah memberi izin untuk majikan untuk merekrut segera TKI dari asosiasi tenaga kerja. Hal semacam ini, kata Rusdi dapat kurangi cost yang umumnya di keluarkan untuk agen-agen TKI di Malaysia.

Bos Lion Group menjelaskan, satu diantara argumen majikan merekrut TKI ilegal yaitu karna sistem yang berbelit-belit terlebih dari keagenan Malaysia. Pemerintah Malaysia juga telah memberi izin majikan untuk lakukan perkrutan segera pada asosiasi.

” Dengan perekrutan segera majikannya dapat ke asosiasi tenaga kerja. Kami jadi RI di Malaysia tidak keberatan jadi kantor pemasaran untuk pengerah tenaga kerja itu begitu automatis cost menyusut serta beban TKI pemotongan upah tak ada sekali lagi, ” tukasnya.

Berikan Komentar Anda