Tips Aman Mengobati Kulit Iritasi Akibat Pakai Pembalut
News

Tips Aman Mengobati Kulit Iritasi Akibat Pakai Pembalut

Spread the love

Tips Aman Mengobati Kulit Iritasi Akibat Pakai Pembalut

InfoJamanNow – Penggunaan pembalut sepanjang menstruasi dapat menghematasi kulit di ruang selangkangan serta organ intim Anda. Apabila tidak dikerjakan secara cepat, kulit iritasi karena pembalut bisa tingkatkan resiko terjadinya infeksi beda pada vagina.

Iritasi pada kulit vagina dikatakan sebagai vulva dermatitis. Vulva adalah sisi terluar vagina yang dapat Anda saksikan dengan mata telanjang, umumnya ditutupi oleh bulu kemaluan.

Iritasi kulit ini bisa dikarenakan oleh gesekan terus-menerus pada bahan pembalut serta kulit waktu Anda jalan atau lari, hingga makin lama susunan kulit tertinggi jadi aus serta rusak. Mengakibatkan, kulit sekitaran ruang vagina jadi peka serta meradang. Terutama, kulit vagina lebih tidak tebal serta lebih rawan pada iritasi dari pada kulit sisi badan yang lain.

Tanda kulit iritasi karena pembalut diikuti dengan kulit yang merasa nyeri, gatal, panas seperti terbakar, serta memerah. Kulit selangkangan bahkan juga dapat juga terkelupas. Pada sebagian masalah, iritasi dapat menyebar sampai belahan pantat.

Tips Aman menangani kulit iritasi karena pembalut

Salep atau cream kortikosteroid dapat Anda pakai 1x satu hari untuk menyembuhkan kulit vagina yang alami peradangan. Teruskan pemakaian cream itu sepanjang 7-10 hari hngga iritasi lebih baik. Terkecuali berbentuk beri, kortikosteroid juga ada dalam versus oral (obat minum). Supaya lebih percaya mana yang pas serta paling efisien untuk menyembuhkan keadaan Anda, baiknya tanyakan dahulu dengan dokter. Type serta dosis obat yang didapatkan dokter juga akan begitu tergantung pada tingkat keparahan iritasi Anda.

Untuk meredakan rasa nyeri, panas, serta ketidaknyamanan karena iritasi itu, Anda bisa tempelkan kompres dingin di ruang selangkangan. Tetapi, janganlah segera lekatkan es pada kulit. Bungkus dahulu es itu dengan kain atau handuk bersih, baru kompreskan pada kulit yang iritasi. Kerjakan sepanjang 10-15 menit, ulangilah sekian kali dalam satu hari bila perlu.

Janganlah lupa juga untuk hindari beberapa aspek resiko beda yang bisa menyebabkan iritasi makin kronis. Terkecuali karena penggunaan pembalut, vulva dermatitis dapat juga dikarenakan oleh reaksi pada bahan kimia sabun, cairan pembersih vagina, klorin di air kolam renang, pelumas vagina, alergi kondom lateks, sampai pemakaian baju dalam yang kotor.

Cara menghindar kulit iritasi waktu menstruasi karena gunakan pembalut

Terdapat banyak panduan untuk menghindar kulit iritasi karena pembalut sepanjang menstruasi, yakni :

  • Jagalah kebersihan vagina waktu menstruasi. Bersihkan dari arah belakang ke depan dengan air mengalir, lalu keringkan ruang miss V Anda supaya tidak lembap. Lingkungan vagina yang lembap disenangi oleh bakteri serta jamur.
  • Jangan pakai sabun atau pembersih yang lain yang memiliki kandungan minyak wangi waktu bersihkan kelamin Anda. Cuma pakai air saja apabila menginginkan membersihkannya.
  • Jangan malas untuk ganti pembalut serta celana dalam. Baiknya, pembalut mesti ditukar tiap-tiap empat jam sekali. Berarti, Anda baiknya ubah pembalut sejumlah 4-6 kali dalam sehari. Pembalut yang tidak sering ditukar bisa melembapkan vagina hingga jadi jadi sarang bakteri serta jamur yang selanjutnya mengakibatkan infeksi pada vagina.
  • Hindari memakai pelumas sex yang memiliki kandungan bahan kimia beresiko untuk vagina. Bila Anda tengah alami iritasi atau barusan pulih, Anda bisa memakai minyak alami seperti minyak almond atau olive oil, jadi pelumas sement

Berikan Komentar Anda